Digital Mindset Pembisnis Toko Online

Digital Mindset Pembisnis Toko Online

- in Information
2311
0
@Jajuli

Digital Mindset Pembisnis Toko Online

Apa kabar semua perkembangan pesat dunia digital di Indonesia sudah bukan topik yang menarik sekarang. Topik ini sudah dibahas sejak  7 tahun lalu. Tapi jika melihat dunia bisnis lokal dengan lebih teliti dan detail, ternyata perkembangan digital ini baru euphoria sebagian pihak saja. Dunia digital atau internet belum maksimal dimanfaatkan semua pemain bisnis di Indonesia. Tidak percaya?

Nah sebenarnya dunia digital di Indonesia mulai berkembang pesat sejak tahun 2007 pada era masuknya teknologi 3G di Indonesia. Pada saat itu dibawa oleh perusahaan teknologi lokal. Kebetulan popularitas Facebook juga mulai naik dan kemudian diikuti oleh Twitter. Kalau masih ingat, beberapa iklan provider handphone waktu itu memanfaatkan fitur “Facebook-an danTwitter-an” untuk promosinya. Facebook baru mulai popular di Indonesia saat itu, sementara aktifitas internet untuk bisnis masih didominasi oleh email, blogs serta website corporate. Karena persaingan yang ketat, perusahaan provider berusaha memanfaatkan popularitas sosial media untuk mendapatkan pelanggan setianya.

Karena gencarnya promosi provider dan meluasnya pemakaian internet 3G, maka dalam waktu singkat aktifitas di sosial media menyebar hingga kekota-kota kecil dan belakangan masuk juga kepinggir kota terutama di generasi muda. Kebetulan dalam bidang pendidikan pemakaian internet juga sudah mulai gencar di sekolah-sekolah. Media digital besar hanya didominasi beberapa pemain saja. Kemudian tahun 2009 Kaskus melakukan rebranding dan menjadi forum komunitas terbesar di Indonesia. Akses internet yang makin cepat ditambah munculnya tablet menciptakan peluang-peluang baru untuk pemain e-commerce, games, aplikasi dan mobile.

Kembali ke pertanyaan di atas, mengapa perkembangan bisnis digital di Indonesia belum maksimal ?

Jika Kita melihat aktivitas pembisnis lokal, mulai dari UKM, perusahaan sedang hingga perusahaan besar baru sebagian yang memanfaatkan digital. Terutama perusahaan besar yang sudah memanfaatkan integrasi digital dalam bidang Marketing, Finance, Inventory, Supply-Chain hingga Delivery dan Customer Service. Ada yang sudah beradaptasi penuh, ada yang baru sebagian. Sedangkan untuk perusahaan berukuran sedang & UKM masih butuh waktu untuk memanfaatkan teknologi digital dalam operasionalnya. Selain kendala capital dan SDM, tentunya yang paling penting adalah ‘Digital Mindset’ dari para pemain bisnis lokal.

Menurut Forbes, ada 5 hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan digital mindset:

  1. Pelaku bisnis harus memiliki Visi digital dan menularkan ke dalam organisasinya.
  2. Memberikan peluang untuk generasi muda dalam memanfaatkan teknologi digital.
  3. Menjembatani gap antar pihak yang lebih digital savvy dengan pihak yang masih konvensional.
  4. Percaya dengan data digital yang digabungkan dengan intuisi.
  5. Open minded dengan hal-hal baru yang muncul terus menerus beserta perubahan yang mengikuti tren tersebut.

Melalui lima hal di atas, maka pelaku bisnis atau para pembisnis toko online bisa dengan mulus membawa bisnisnya masuk ke teknologi digital secara benar dan maksimal oke selamat berbisnis toko online.

Sumber : http://startupbisnis.com/digital-mindset-yang-harus-dimiliki-oleh-para-pemain-bisnis-online-lokal/

Gabung Newsletter Tranyar
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Ayo bergabung bersama ribuan pelanggan kami untuk mendapatkan informasi tentang pemasaran produk online. Beberapa tips dan trik menarik serta strategi membuat toko online otomatis bisa Anda dapatkan disini. Segera gabung bersama Tranyar untuk dapat info menarik.
Kami tidak suka spam, dijamin data Anda aman serta akan mendapatkan informasi yang berguna.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu harus tahu, Cara memilih Jasa bikin website fitur lengkap

Bikin website itu memang mudah saat ini tidak