Menciptakan Slogan yang Efektif

Menciptakan Slogan yang Efektif

Slogan atau mungkin sering kita sebut tagline adalah sebuah kalimat pendek yang mudah diingat, yang sering digunakan sebagai pelengkap dari logo perusahaan dan juga dalam iklan pemasaran. Slogan yang bagus dan tepat akan menjadi cara paling ampuh dalam mendekatkan bisnis kepada pelanggan.

Mungkin kita sering mendengar slogan seperti ini “melayani Anda sejak 1960″, atau berbahasa Inggris “serving you since 1960″. Slogan seperti ini sudah sangat mainstream dan biasa. Kamu perlu sesuatu yang lebih kreatif lagi untuk memenangkan hati pelanggang di zaman sekarang ini.

Berikut kiat sukses menciptakan slogan yang efektif :

Garis Bawahi Poin Pentingnya

Kata kunci dalam slogan berguna untuk membedakan produk atau brand yang kamu miliki dari kompetitor, sekaligus menyampaikan misi utama perusahaan. Jika memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor, atau produk dan jasa yang ditawarkan memiliki keunikan, kamu perlu menampulkannya.  Slogan sangat penting untuk kesan pertama yang baik untuk menarik pembeli, yang akan menampilkan nilai perusahaan. Carilah satu dari keunikan yang menjadi kata kunci perusahaan, dan carilah cara untuk menghubungkan hal tersebut ke dalam slogan. Contoh : “Great taste, less filling.” (Miller Lite)

Jelaskan Komitmen Perusahaan

Mungkin perusahaan tidak memiliki keunikan dalam produk atau jasa yang dijual;  meskipun demikian, slogan yang dimiliki tetap harus bisa menunjukan perbedaan. Seringkali, slogan yang hebat merupakan slogan yang menjelaskan dedikasi perusahaan kepada pelanggannya.

Slogan yang dikhususkan untuk pelayanan pelanggan, terutama yang menjamin kualitas dan kepuasan pelanggan akan sangat menarik di mata publik. Jadi jika ada perusahaan lain yang menjual produk yang sama dengan perusahaan anda, bahkan mungkin lebih unggul, biarkanlah mereka. Yang perlu anda lakukan adalah menjual kepercayaan dan service. Contoh :  ”We’re number two, so we try harder.” (Avis)

Jagalah Agar Tetap Singkat

Slogan seharusnya tidak boleh lebih panjang dari sebuah kalimat, dan idealnya harus bisa menyampaikan pesan melalui enam sampai delapan kalimat. Slogan yang lebih panjang dari kalimat akan tercampur aduk dan akhirnya dilupakan. Tapi hal itu tidak berlaku jika slogan tersebut memiliki irama atau dibuat dalam bentuk jingle. Slogan yang simple dan singkat akan mudah untuk diingat, dan menjadi tantangan tersendiri dalam menciptakan slogan. Jadi pilihlah kata-kata dengan seksama, dan batasilah slogan anda dalam satu kalimat atau kurang. Contoh : “Think Different” (Apple)

Gabung Newsletter Tranyar
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Ayo bergabung bersama ribuan pelanggan kami untuk mendapatkan informasi tentang pemasaran produk online. Beberapa tips dan trik menarik serta strategi membuat toko online otomatis bisa Anda dapatkan disini. Segera gabung bersama Tranyar untuk dapat info menarik.
Kami tidak suka spam, dijamin data Anda aman serta akan mendapatkan informasi yang berguna.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Nama Domain untuk Website Toko Onlinemu

Sahabat Tranyars, nama domain adalah sebuah identitas yang