Tips Jualan Laris Selama Bulan Ramadhan tambahin income Keluarga

Tips Jualan Laris Selama Bulan Ramadhan tambahin income Keluarga

- in Pemasaran
693
0
@Novri Nainggolan
cara jualan peluang bulan ramadhan 2017 tranyar

Semangat dibulan penuh berkah ya sahabat tranyar, Mei indah di bulan penuh berkah. Momentum bulan puasa sebentar lagi nih, Bulan yang penuh berkah ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim melakasanakan ibadah puasa selama 30 hari lamanya yang nantinya berpuncak dihari kemenangan yaitu hari raya idul fitri.
Saat memasuki bulan puasa biasanya banyak orang mulai memiliki kesibukan tentang banyak hal dalam menyambut bulan penuh berkah. Mulai dari mempersiapkan hal terkecil hingga terbesar, yang sangat penting adalah mulai mempersiapkan diri untuk menjalani bulan suci ramadhan.
Namun dibalik semua hal tersebut banyak orang yang memanfaatkan momen bulan puasa dengan cara berbisnis dadakan. Yups, bisnis di bulan penuh berkah ini sangat banyak macamnya. Mulai dari bisnis modal kecil hingga modal yang besar, tetapi rata-rata bisa di mulai dengan modal kecil. Mulai bisnis dadakan menjual takjil, menjual baju muslim, menjual kue lebaran, kartu ucapan, parcel dan banyak lagi. Bagi sahabat tranyar yang ingin mengikuti trend jualan dadakan ini, sahabat tranyar harus tau dulu gimana tips dan trik nya. Setelah tau sahabat tranyar juga harus bisa membaca peluangnya, karena bisa saja hal ini malah jadi rejeki yang panjang buat sahabat tranyar . Tertarik untuk mencobanya sahabat tranyar?

Yuk kita baca dulu cerita berikut,
1. Menentukan jenis produk yang akan dijual
Sebelum sahabat tranyar memutuskan untuk berjualan di bulan Ramadhan, hal pertama yang harus direncanakan adalah jenis produk yang akan dijual.
Sahabat tranyar harus tau ya produk apa yang akan dibutuhkan atau sedang dicari dibulan ramadhan, kemudian lakukan survei pasar secara sederhana dengan melakukan pengamatan tentang minat konsumen.
Tentunya ada beberapa jenis porduk yang sangat cocok untuk dijual pada bulan Ramadhan. Mulai dari produk makanan, baik untuk berbuka maupun sahur, produk minuman segar seperti es kolak pisang, es cincau, es buah dll. Produk lain yang banyak dipilih oleh pembeli pada bulan Ramadhan adalah busana muslim, peralatan sholat dan pakaian untuk lebaran. Selain itu tentu masih ada kue-kue lebaran yang menarik untuk dijadikan bisnis di bulan Ramadhan.

2. Menentukan harga jual produk
Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual, saatnya untuk menentukan harga jual produk. Kenapa? Yups sahabat Tranyar harus tau terlebih dahulu survey harga pasar untuk menentukan harga jual yang kompetitif. Jangan sampai harga yang ditetapkan terlalu rendah atau terlalu mahal, karena masing-masing hal tentu ada resikonya.
Jika terlalu murah maka keuntungan yang sahabat tranyar dapatkan semakin rendah, sementara jika terlalu mahal bisa membuat dagangan tidak laku. Oleh karena itu, pastikan harga yang sahabat tranyar tetapkan harus mampu bersaing dan menarik minat pembeli nantinya.

3. Strategi marketing dan promosi yang tepat
Yuhu sahabat Tranyar ini salah satu tips jualan laris sepanjang bulan Ramadhan selanjutnya yang paling harus dipahami, yaitu penerapan strategi marketing dan promosi yang tepat. Sahabat tranyar dapat melakukan penawaran dengan memberikan diskon untuk pembelian produk tertentu, melakukan “give away” yang lagi trend saat ini bagi konsumen yang beruntung dengan nominal pembelian tertentu.
Selanjutnya promosi bisa dilakukan lewat media sosial agar jualan selama bulan Ramadhan semakin banyak diminati. Ingat ya sahabat tranyar, semakin banyak masyarakat yang mengetahui bisnis yang sedang dijalankan maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pembeli.

Baca ini: Mau tahu Strategi Bisnis Online Yang Sukses?

4. Menjaga kualitas produk
Selanjutnya jika produk yang dijual sepanjang bulan Ramadhan mampu menghasilkan keuntungan yang siginifikan, maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kualitas yang selalu terjaga.
Banyak pembeli yang akan berdatangan kembali bilamana barang dagangan yang kita jual memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan produk yang dijual oleh pedagang lainnya. Bangun kepercayaan pembeli melalui hal ini, karna kepercayaan dari pembeli susah loh untuk didapatkan sahabat Tranyar.
Mengurangi atau tidak menjaga kualitas barang dagangan sama saja dengan mempertaruhkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Resiko lain yang akan dialami, pembeli akan berhenti membeli produk serta beralih ke penjual lain yang mampu mempertahankan kualitas produk. Kalau sudah begitu siapa yang rugi?

6. Mainkan harga produk
Tips selanjutnya memainkan harga produk bisa sekali untuk dilakukan oleh sahabat Tranyar, benarkah?
Yups, bisa dong , sahabat Tranyar menggunakan angka-angka yang unik dan menarik untuk produk tertentu agar menarik minat pembeli. Bisa dengan menggunakan tanggal pada saat itu atau hal yang sedang trend pada saat itu.
Misalnya, untuk produk baju lebaran, jika penjual lain menawarkan dengan harga Rp 50.000 per toples maka coba angka yang lebih unik seperti Rp 49.888. Meski selisihnya hanya sedikit, tapi harga yang ditawarkan jauh lebih “menjual” dan berpotensi menarik minat pembeli.

7. Pelayanan yang ramah
Tips jualan laris di bulan Ramadhan selanjutnya adalah pelayanan yang ramah. Tanamkan dalam pikiran sahabat Tranyar bahwa pembeli adalah raja, lakukan hal terbaik untuk melayani mereka dengan sepenuh hati. Layani pembeli dengan cara yang ramah, sebisa mungkin setiap pertanyaan yan diajukan jawabannya menemukan solusi nya 
Selalu bersikap ramah dan murah senyum bisa menjadi strategi agar jualan laris manis. Saat bersikap ketus dan tidak ramah kepada pembeli, bisa dipastikan tidak ada pembeli yang melirik produk jualan kita.

Selamat mencoba sahabat Tranyar  semoga berkah ya tips nya.

Baca juga: Persiapan dan strategi jualan online menyambut Ramadhan

Gabung Newsletter Tranyar
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Ayo bergabung bersama ribuan pelanggan kami untuk mendapatkan informasi tentang pemasaran produk online. Beberapa tips dan trik menarik serta strategi membuat toko online otomatis bisa Anda dapatkan disini. Segera gabung bersama Tranyar untuk dapat info menarik.
Kami tidak suka spam, dijamin data Anda aman serta akan mendapatkan informasi yang berguna.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Begini caranya, membangun pondasi website penjualan toko online kamu

Seperti sebuah kalimat pepatah “Tidak selamanya menumpang ditempat