Cara Jitu Mengetahui Keinginan Konsumen

Thumbnail 1
Posted By : Pricillia Anastasya | Thu, 03 Mar 2016


Pelanggan adalah raja, sebuah steriotipe lawas tentang dunia bisnis yang nampaknya masih banyak dipercaya hingga saat ini. Memang tidak ada salahnya menempatkan posisi seorang konsumen sebagai seseorang yang sangat penting dalam perjalanan bisnis kita.
Hal ini jugalah yang mendasari mengapa kita harus sangat cermat dalam mengenali apa yang menjadi keinginan konsumen. Lalu bagaimana caranya untuk bisa dengan tepat mengetahui keinginan konsumen? Berikut tipsnya:

  1. Sediakan Media Opini Konsumen
    Untuk bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumen, maka kita bisa mulai dari mencari tahu bagaimana opini konsumen terhadap bisnis atau layanan yang kita berikan. Pada dasarnya opini bisa dibagi menjadi 2 yakni saran dan kritikan.
    Saran merepresentasikan kepuasaan dan apa yang diharapkan untuk lebih dikembangkan dari bisnis kita. Sedangkan kritik umumnya berisi hal-hal yang masih dirasa kurang dan wajib untuk kita rubah atau perbaiki di kemudian hari. Kedua jenis opini tersebut mempunyai fungsi yang sama pentingnya. Ketika saran bisa menjadi motivasi dan bahan bakar semangat untuk berkembang, maka kritik bisa menjadi pertimbangan evaluasi bisnis untuk lebih baik.
    Bagi rekan-rekan yang menjalankan bisnis via online, mungkin sudah sangat banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menampung opini konsumen. Mulai dari fitur chat hingga kolom komentar yang ada di media sosial bisa menjadi media tepat menjaring opini konsumen.
    Dan untuk yang menjalankan usaha offline, beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya seperti menyediakan kotak kritik dan saran di spot strategis di seputaran lokasi usaha. Salah satunya seperti di dekat meja kasir. Bagi pelanggan, sembari menunggu jumlah pembelian bisa mengisi kotak kritik dan saran tersebut.

2. Maksimalkan Peran Tim Marketing
Jika rekan-rekan menjalankan sebuah bisnis dengan skala yang cukup besar, tentunya mempunyai tim marketing yang khusus bertanggung jawab dalam hal pemasaran. Tim marketing nyatanya merupakan lini yang dirasa paling mumpuni untuk bersentuhan langsung dengan konsumen. Dan ternyata selain berpromosi, kita juga bisa memaksimalkan peran tim marketing untuk mengetahui minat konsumen.
Inilah yang disebut juga dengan peran ganda dalam tim marketing. Secara sederhana di samping mempromosikan produk bisnis, tim marketing juga bisa ditugaskan untuk melakukan beberapa sesi wawancara atau questioner singkat yang berisi hal-hal tentang apa yang diinginkan oleh konsumen. Selain menghemat waktu dan tenaga, caranya ini juga membuat kinerja tim jadi lebih efektif.
Namun jangan lupa juga bahwa tim marketing juga mempunyai batasan kemampuan. Oleh karena itu untuk bisa sukses mengembangkan bisnis, juga juga harus jeli melihat sejauh mana kemampuan tim marketing yang kita miliki.

3. Diskusikan Hasil Riset Keinginan Konsumen
Setelah kita mendapatkan bahan mentah mengenai keinginan konsumen dari hasil pengumpulan opini dan wawancara tim marketing, langkah akhir yakni menggodok hasil riset tersebut bersama tim kerja.
Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah, pada dasarnya yang ingin kita capai yakni melakukan perbaikan terkait produk atau layanan agar sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen. Jadi jangan sampai fokus kita justru pecah ketika melihat banyaknya masukan dari konsumen. Karena masukan tersebut tidak dimaksudkan untuk merubah total bisnis kita melainkan sebagai bahan perbaikan.

RELATED ARTICLES
Sekarang ini Tranyar sudah mnghadirkan voucher untuk kalian ...
Universitas Katolik Parahyangan mempersembahkan Vocale Marke...
  Leave a Comment
Name :
Email :
Comment :
0 Comment :
Belum ada komentar

Tranyar Tweeter